Lembaga Pengkajian Pengamalan Al Islam Dan Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Gombong Adakan Ujian Praktik Sholat Dan Baca Al Qur’an Bagi Calon Wisudawan

Download

Gombong, 14/09/23. Lembaga Pengkajian Pengamalan Al Islam Dan Kemuhammadiyahan (LPPIK) Universitas Muhammadiyah Gombong adakan ujian praktik sholat dan baca al qur’an bagi calon wisudawan tahun 2023.

Sebanyak kurang lebih 350 mahasiswa ikuti ujian praktik sholat dan baca Al Qur’an, kegiatan tersebut berlangsung selama satu minggu terhitung tanggal empat sampai sembilan september 2023. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa tingkat akhir dari seluruh program studi yang akan mengikuti wisuda tahun ini. Adapun materi yang di ujikan adalah praktik sholat fadhu sesuai dengan Himpunan Putusan Tarjih (HPT) Muhammadiyah dan bacaan Al Qur’an.

Puji Handoko, selaku Ketua LPPIK, turut serta memantau dan menilai langsung kegiatan ujian praktek tersebut, saat proses berlangsung, Puji Handoko mengarahkan mahasiswa untuk mempraktekkan setiap tahapan dalam shalat dengan suara yang nyaring, mulai dari niat, takbir, bacaan diantara takbir, jumlah takbir pada rakaan pertama dan rakaat kedua dan diakhiri dengan salam.

Dalam sesi wawancara, ia menyampaikan bahwa “tujuan kegiatan ini yang Pertama adalah sebagai syarat lulus bagi mahasiswa-mahasiswa yang telah selesai melaksanakan studi di Universitas Muhammadiyah Gombong, kedua adalah sebagai wujud komitmen universitas dalam menjaga dan merawat nilai-nilai Al Islam kepada mahasiswa yang akan terjun langsung di masyaratakt, dan yang terakhir adalah sebagai sarana belajar dan refresh bacaan-bacaan yang ada di dalam ibadah shalat maupun ibadah Al Qur’an”.

 

Harapannya setelah adanya kegiatan seperti ini dapat memberikan nilai positif bagi mahasiswa dalam melaksanakan praktik ibadah dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun sertifikat ujian dapat di unduh pada link berikut :

  1. DIII Keperawatan 
  2. S1 Keperawatan
  3. D3 Kebidanan
  4. S1 Farmasi
  5. S1 Kebidanan