Pentingnya Memahami Ibadah Puasa Sebagai Sarana Pembentukan Ciri Utama Kader Muhammadiyah : Amanah, Adil Dan Ikhlas

Kajian

Gombong- Pada hari ini 31/03/2023 Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Al Islam dan Kemuhammadiyahan (LPPIK) Universitas Muhammadiyah Gombong adakan kajian Jum’at Ramadhan 1444 H.

Kajin jum’at ramadhan merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Al Islam dan Kemuhammadiyahan (LPPIK) dan dilaksanakan selama bulan ramadhan setiap jum’at pagi. Adapun tema utama kegiatan ini adalah “Pentingnya Memahami Ibadah Puasa Sebagai Sarana Pembentukan Ciri Utama Kader Muhammadiyah : Amanah, Adil Dan Ikhlas”, dengan pemateri Ust. Widiantoro Tri Atmaji, M.M. Adapun peserta dalam kegiatan tersebut adalah seluruh dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gombong.

Dalam isi kajiannya pemateri menyampaikan bahwa “dengan peningkatan ketaqwaan individu semestinya juga diikuti dengan ketaqwaan sosial, artinya dengan dengan dilaksanakannya ibadah maghdhoh dan ghoiru maghdoh akan berpengaruh terhadap kualitas kepribadian seseorang”.

Dalam cerahnya pemateri mengingatkan tentang pentingnya anjuran dalam menjalankan ibadah puasa dibulan ramadhan, sebagaimana dalam sabda Rasulullah SAW:

قَدْ جَاءَكُمْ رَمَضَانُ، شَهْرٌ مُبَارَكٌ، افْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ، تُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ، وَتُغْلَقُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَحِيمِ، وَتُغَلُّ فِيهِ الشَّيَاطِينُ، فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، مَنْ حُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ

Artinya: “Sungguh telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah mewajibkan kepada kamu sekalian untuk berpuasa. Pada bulan itu pintu-pintu surga dibuka dan pintu neraka Jahanam dikunci, dan setan-setan dibelenggu. Pada bulan itu ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Maka siapa yang tidak berusaha untuk mendapatkan kebaikannya, maka luputlah semua kebaikannya.” (Muttafaq ‘Alaih)

Di akhir cerahnya, pemateri mengingatkan kepada jamaah, agar senantiasa menjadikan ramadhan sebagai wadah untuk mengintrospeksi diri, dan memaksimalkan ibadah di bulan ramadhan dengan penuh kekhusyu’an, keimanan dan mengarap ampunan dari Allah SWT.